Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Wardah Toko Underprice Skincare Medan
Keywords:
E-WOM, Citra Merek, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan citra merek terhadap minat beli konsumen produk skincare wardah. Dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat dalam merawat diri saat ini, serta adanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat melalui internet, hal tersebut menyebabkan persaingan bisnis skincare saat ini menjadi semakin ketat. Sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online kepada konsumen skincare Wardah di Toko Underprice Skincare. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen, asumsi klasik, uji ketepatan model, dan analisis linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, serta citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.